ANALISIS E-GOVERNMENT KOTA/KABUPATEN PADA PROVINSI PROVINSI BENGKULU

23 Jan
ANALISIS E-GOVERNMENT KOTA/KABUPATEN PADA PROVINSI PROVINSI BENGKULU

 

Kelas : 4KA03



Kelompok 4 :
Andi Muhamad Adha (10112765)
Claudensiana Laidwina (11112638)
Firda Ramadhan Putra (12112971)
Septiyani Djayusman (16112938)
ANALISIS WEB KABUPATEN MENURUT UNIT ANALISIS E-GOVERNMENT DAN KATEGORISASI
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Diharapkan dengan penerapan E-Government tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah daerah yang bersangkutan kepada inform secara efektif dan efisien. Untuk itu perlu dilakukan analisis pada website E-government agar website dapat berisi sesuai dengan yang telah ditentukan oleh KOMINFO (2003).
Menurut hasil analisis kami menurut panduan KOMINFO 2003, pada tabel 1 menunjukkan bahwa pada unit analisis selayang pandang website Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki seluruh kategori analisis pada websitenya. Pada unit analisis pemerintahan daerah pun website Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki informasi yang paling lengkap diantara kedua web pemerintah lainnya. Untuk kategori geografi, informasi pada web Kabupaten Bengkulu Tengah dengan website Provinsi Bengkulu seimbang. Sekali lagi website Kabupaten Bengkulu Tengah unggul dalam unit analisis peta wilayah dan sumber daya karena memiliki informasi berupa peta wilayahnya. Sedangkan untuk unit analisis peraturan / kebijakan daerah dan buku tamu, website Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki nilai yang sama. Kesimpulannya, hasil analisis web Provinsi Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma adalah website Kabupaten Bengkulu Tengah yang memiliki isi paling lengkap menurut panduan dari KOMINFO (2003). Sedangkan untuk web Provinsi Bengkulu sudah hampir lengkap, hanya tertinggal beberapa isi dari web Kabupaten Bengkulu Tengah. Pada web Kabupaten Seluma butuh tambahan informasi pada websitenya mengingat banyaknya isi yang berlum terdapat pada website Kabupaten Seluma.
Pada website Provinsi Bengkulu, informasi menu utama dalam website telah memenuhi seluruh kategori yaitu potensi daerah, komoditas utama dan kualitas SDM. Untuk informasi tambahan, website ini hanya memberikan beberapa foto kegiatan pendidikan dan lain-lain, tanpa ada penjabaran khusus. Penyediaan hubungan dalam ketiga kategori pun hampir tidak ada pada website ini, baik dalam G2C, G2B, G2G. Untuk aksesbilitas website ini sudah sangat baik dan desain pada website ini pun cukup menarik akan tetapi ukuran teks terlalu kecil dan sedikit sulit dibaca karena warnanya tidak terang. Secara keseluruhan website ini mendapat nilai total 53,3.
Untuk Website Kabupaten Bengkulu Tengah, informasi menu utama dalam website telah memenuhi seluruh kategori yaitu potensi daerah, komoditas utama dan kualitas SDM. Untuk informasi tambahan, website ini belum memiliki informasi tambahan mengenai kegiatan pendidikan dan lain-lain. Penyediaan hubungan dalam ketiga kategori pun hampir tidak ada pada website ini, baik dalam G2C, G2B, G2G. Untuk aksesbilitas website ini sudah sangat baik dan desain pada website ini pun cukup menarik dan tidak sulit untuk dibaca. Secara keseluruhan website ini mendapat nilai total 43,4. Website ini pun perlu menambahkan beberapa info agar lebih lengkap.
Selanjutnya adalah analisis Website Kabupaten Seluma,  pada website ini terdapat informasi menu utama namun masih belum lengkap dan tidak terasa maksimal. Untuk informasi tambahan, website ini belum memiliki informasi tambahan mengenai kegiatan pendidikan dan lain-lain. Penyediaan hubungan dalam ketiga kategori pun hampir tidak ada pada website ini, baik dalam G2C, G2B, G2G. Untuk aksesbilitas website ini sudah sangat baik dan desain pada website ini pun cukup menarik. Secara keseluruhan website ini mendapat nilai total 30,3 yang mana sepertinya harus menambah informasi-informasi pada website tersebut.
Pada Tabel 2, dijelaskan nilai-nilai yang didapat masing-masing website yang kami analisis, website Provinsi Bengkulu memiliki nilai tertinggi pada unit analisis informasi tambahan dalam fasilitas website. Untuk website Kabupaten Bengkulu tengah, memiliki nilai tertinggi di unit analisis informasi menu utama pada website, dan desain. Dari hasil perhitungan seluruh nilai, didapat nilai tertinggi pada website Provinsi Bengkulu. Sehingga dapat kami simpulkan bahwa untuk unit analisis berdasarkan isi minimal pada website menurut KOMINFO 2003 website Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki isi yang paling lengkap, sedangkan untuk unit analisis dan kategorisasi, website Provinsi Bengkulu Tengah memiliki nilai yang tertinggi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: